Home » » Cara membuat kotak informasi menarik di web/blog

Cara membuat kotak informasi menarik di web/blog

Written By RACHMAT SR on Sabtu, 10 Desember 2011 | 02.08

avira-indonesia

Mudah membuat kotak informasi menarik di web/blog

CSS tag DIV
salah satu cara agar tampilan website/blog lebih menarik dan informatif adalah dengan menambahkan CSS (Cascading Style Sheet). Tetapi kali ini tidak akan dibahas apa itu CSS, tetapi langsung menerapkan dan mencoba untuk membuat kota informasi, peringatan, atau sejenisnya dalam sebuah tulisan di web/blog dengan salah satu fungsi/kode CSS.

Sekaligus ini menjelaskan (menjawab) pertanyaan salah satu pengunjung, tentang bagaimana cara menambahkan kotak informasi/peringatan penting, seperti di beberapa artikel ebsoft.

Hal ini bisa kita lakukan dengan kode (tag) HTML div. DIV merupakan kode HTML yang akan menghasilkan blok paragraf, biasa saya istilahkan dengan Box. Karena dengan menuliskan paragraf atau kalimat diantara tag <div>....</div>, maka kalimat/paragraf terseut akan tampil dalam box yang bisa kita atur tampilannya. Untuk memudahkannya, berikut berbagai contoh dan penggunaan tag DIV.

color dan background

Kotak ini adalah penggunaan dengan kode HTML berikut :
<div style="color:red;background:yellow;"> ... </div>

Perhatikan bagian setelah style. bagian itulah yang menentukan tampilan box dengan menggunakan DIV. Kode diatas menggunakan 2 atribut, yaitu color dan background. Color akan menentukan warna text dan background menentukan warna latar. Perhatikan pula penulisan tanda titik dua dan titik koma.
Atribut warna bisa diisi dengan tulisan seperti : black, blue,green, yellow, red, white dan lainnya. Bisa juga dengan menggunakan kode Heksadesimal, misalnya #FFFFFF untuk putih #0000FF untuk biru dan lainnya. Untuk mempermudah memilih warna terbaik, bisa menggunakan program gratis ColorPic

border

Pada kotax/box sebelumnya, warna kuning terlihat tanpa garis tepi. Akan lebih menarik jika kita meambahkan garis tepi di sekelilingnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menambahkan atribut border. Contohnya sebagai berikut:

Kotak ini adalah penggunaan dengan kode HTML berikut :
<div style="color:blue;background:#EBF3FB;border:1px solid #AACCEE;"> ... </div>

Penjelasan nilai setelah border adalah sebagai berikut : 1px menandakan ketebalan garis ( 1 pixel merupakan satu garis tipis), solid merupakan bentuk atau rupa garis dan #AACCEE merupakan warna garis. Masing-masing dipisahkan dengan tanda spasi.
Untuk bentuk (style) border selain solid, juga bisa bernilai none, hidden, dotted, dashed, double, groove, ridge, inset, outset dan inherit. Contoh masing-masing bisa dilihat tutorial CSS border

padding dan margin

Pada box sebelumnya tulisan dalam kotak terlihat terlalu rapat dengan garis tepi (baik kiri, atas, kanan atau bawah). Agar tampilan lebih indah, maka tulisan bisa dibuat agar mempunyai jarak dengan garis tepi (lebih menjorok kedalam). Hal ini bisa kita lakukan dengan menambahkan atribut padding. Berikut contohnya :
Kotak ini adalah penggunaan dengan kode HTML berikut :
<div style="color:#990099;background:#ADE4AD;border:2px dashed #006600;padding:5px;margin:10px;"> ... </div>
Nilai padding:5px, berarti tulisan dalam box masuk kedalam sepanjang 5 pixel (1 pixel adalah satu garis tipis). Sebenarnya nilainya bisa diisi lebih detail misalnya padding:2px 3px 4px 5px, yang berarti jarak dari garis atas 2 pixel, dari kanan 3 pixel, bawah 4 pixel dan kanan 5pixel. Urutannya dari atas-kanan-bawah-kiri.
Untuk margin hampir sama dengan padding, hanya saja untuk margin menentukan jarak kotak ke area diluarnya (dari garis tepi keluar, mulai atas-kanan-bawah-kiri). Pada contoh tampilan diatas (yang berwarna hijau), tampak box posisinya menjorok kedalam. Karena margin:10px, maka posisi box sejauh 10 pixel dari atas, kanan, bawah dan kiri. Pengisian juga bisa dilakukan seperti padding

width (lebar box)

Dengan kode-kode seperti diatas, maka panjang box akan selebar konten atau area yang tersedia. Untuk membatasi lebar kotak, kita bisa menggunakan atribut width. Berikut contohnya:

Kotak ini adalah penggunaan dengan kode HTML berikut :
<div style="color:#FFFFFF;background:#FFD4AA;border:2px dotted #FF2A00;padding:5px;margin:5px;width:300px;"> ... </div>

properti width akan mengatur dan membatasi ukuran box. pada contoh di atas, nilainya adalah 300 pixel. Sebenarnya masih banyak atribut lain yang bisa disertakan, tetapi sementara 6 atribut diatas sudah cukup untuk membuat tulisan lebih informatif (dengan pemilihan warna yang tepat tentunya).
Satu hal yang perlu diperhatikan ketika menuliskan kode tersebut (dalam menulis artikel) adalah harus dalam mode HTML, bukan dalam mode visual.

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Thank for your visit, leave your suggestions and comments in the fields below ...

Silahkan meninggalkan komentar anda sehingga kita dapat berbagi pemikiran Anda dengan pengunjung lainnya.



 
Support : Al Islam | Paalem 3 | Mushola
Copyright © 2013. Panduan Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger