Home » , , » Cara setting koneksi antar komputer via Wi-Fi [For Windows 7]

Cara setting koneksi antar komputer via Wi-Fi [For Windows 7]

Written By RACHMAT SR on Kamis, 27 November 2014 | 03.33

Pernahkan pengen maen
game multiplayer antar komputer tapi gak punya kabel LAN?

Pernahkan pengen copy
data dari laptop temen tapi gak ada flashdisk?

Pernahkan pengen sharing
koneksi internet tapi gak tahu caranya?

Nah pertanyaan-pertanyaan
diatas bisa terjawab dengan cara membuat koneksi antar komputer, baik PC maupun
laptop, via Wi-Fi.. Bukan hanya via Wi-Fi buat konek ke Access Point / Hot Spot
Internet, Wi-Fi bisa lebih dari itu..

Sebelumnya Pastikan Wi-Fi
anda sudah terinstal drivernya, liat aja di Properties dari My Computer trus
menu Device Manager, liat apakah Wi-Fi sudah kedetect dan statusnya working
properly, gak ada tanda seru atau warning di iconnya.. Trus nyalakan Wi-Finya,
beda Laptop/Notebook/Netbook beda cara, ada yang pake geser, tombol, atau
shortcut keyboard.


Kalo sudah, di taskbar
kanan ada logo koneksi, klik aja trus masuk ke menu Network and Sharing Centre..


Buat Koneksi baru dengan
menu Set up new a connection or network..


Scroll sampai ketemu
pilihan koneksi Set up wireless adhoc bla bla bla. Koneksi adhoc adalah koneksi
antar komputer sehingga memungkinkan pembuatan jaringan berbasiskan Wi-Fi..



Setelah itu silahkan isi
nama network yang ingin dibuat beserta securitynya, pengen pake password ato gak,
kalo pengen aman mending pake password aja, ato kalo males setting gituan pilih
mode No Authentication (Open), klik Next dan selesailah sudah.. :D



Untuk nyambung ke network
yang udah dibuat pilih aja network tersebut di taskbar dan tekan Connect..
Komputer lain juga bisa nyambung ke jaringan ini dengan cara yang sama..


Habis itu tinggal setting
IP address aja, pilih properties dari koneksi tersebut, rubah alamat IP
staticnya.. biasanya sih isi IP yang gampang-gampang aja yang penting bisa
connect, misal 1.1.1.2, 1.1.1.3, 1.1.1.4, pokoknya gak jauh-jauh amat lah
nilainya, cukup ganti angka paling belakangnya, sedang yang depan biarin aja
sama. Oh ya jangan sampai sama ya IPnya, soalnya gak bisa nanti, bentrok sama
yang lain…

Kalo udah, coba ping
antar komputer ya, caranya buka Command prompt, si layar hitam sakti, trus ketik
ping [alamat IP komputer tujuan], jika ada reply berarti udah konek tuh, kalo
gak ada reply bisa aja settingan IPnya salah ato kena blok Firewall komputer
tujuan, kalo kena firewall gampangnya matikan aja (Firewall Windows ato Software
lain yang punya Firewall, contohnya antivirus)


Nah, dasar koneksi sudah
ada, jaringan udah terbentuk, komputer udah terhubung semua, tinggal kalian mau
apa dengan jaringan ini, mau maen game multiplayer silahkan, sharing file ok,
ato mau bagi koneksi internet juga boleh :D

PS: jika ada yang kurang
jelas, sah sah aja kalo mau nanya, ntar diusahain dicariin solusinya.. ok.. :D
Selamat mencoba..

PSS: Tambahan link dari
website Microsoft:

Set up a computer-to-computer (ad hoc) network



 Semoga Artikel ini bermanfaat,

Baca Juga Artikel yang Berhubungan dengan Topik ini :

Daftar Artikel

Sumatra Restaurant Jeddah Melayani Katering Umrah dan Haji

Tips merawat baterai Laptop anda.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan kirim Email untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit.

Delivered by FeedBurner

Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Thank for your visit, leave your suggestions and comments in the fields below ...

Silahkan meninggalkan komentar anda sehingga kita dapat berbagi pemikiran Anda dengan pengunjung lainnya.



 
Support : Al Islam | Paalem 3 | Mushola
Copyright © 2013. Panduan Blogger - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modified by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger